Tuesday, March 4, 2014

Cerita Perjalanan di Jalan Kalimantan Tengah 2014


Perjalanan liburan kali ini dimulai kembali setelah selam 28 hari bekerja diwilayah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Tanpa ada persiapan itinerary yang matang, langsung saja melangkahkan kaki dengan tujuan menuju wilayah Kalimantan Tengah. Dari persimpangan Kecamatan Kuaro mencegat angkutan umum jenis L-300 dengan tujuan Tanjung Kalimantan Selatan dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Tiba di Tanjung sembari mengutak atik panduan dari peta digital mampir makan siang dan diputuskan masuk Kalimantan Tengah melalui Ampah sampai Muara Teweh. 

Akhirnya berhasil mendapat info tak jauh dari Kota Tanjung bisa berhenti sejenak di Pebatasan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dimana terdapat rumah adat Dayak serta Banjar juga sebagai titik batas perbedaan waktu GMT+7 dan GMT+8. Menuju ke perbatasan tersebut dari Tanjung naik angkutan umum L-300 dari Pusat Kota Tanjung perjalanan selama 20 menit turun di simpang Kelua kemudian diteruskan dengan angkutan yang sama tujuan Ampah. Kurang lebih 15 menit mintalah kepada sang supir untuk berhenti di perbatasan Pasar Panas. Disini kita akan melihat Replika rumah adat Dayak juga Banjar dan pada sore hari biasanya sebagai tempat bersantai warga setempat juga anak-anak muda berlatih berbagai kesenian tradisional maupun modern. Setelah santai sejenak diperbatasan ini karena hari mulai gelap kembali melanjutkan ke daerah Ampah dengan menumpang angkutan umum jenis L-300 lagi. Kondisi jalan mulus sehingga dalam waktu 1 Jam 30 Menit tiba di Ampah dan bermalam disini.

Pagi hari sehabis sarapan langsung melanjutkan menuju Kota Muara Teweh dengan jenis angkutan umum L-300 lagi. Waktu tempuh selama 3 jam melewati jalanan mulus yang baru saja di aspal. Setelah melewati jembatan artinya kita memasuki Muara Teweh dan para penumpang akan diantarkan ke tujuan masing-masing. Mencoba mengutak-atik apa yang dapat dilakukan dikota ini seharian dan akhirnya hanya berkeliling melihat kehidupan masyarakat sekitar. Awalnya ingin meneruskan perjalanan sampai ke Wilayah Puruk Cahu namun apa daya kata hati berkata balik arah turun saja menuju Palangkaraya. Akhirnya bermalam di kota ini dan lanjut diputuskan besok hari tujuan menyusuri jalan Kalimantan Tengah.

Waktu sudah menunjukkan pukul 08.00 pagi. Jalur rute kali ini tujuan Kota Buntok dengan menumpang angkutan sungai Speed Boat. Speed Boat menuju Buntok berangkat pukul 09.00 pagi dan akan berhenti dibeberapa desa yang terletak disepanjang sungai barito. Dalam perjalanan kita bisa melihat aktifitas masyarakat setempat disepnjang sungai ini juga kita akan melihat apa yang dilakukan oleh para perusahaan kayu, Batubara, Sawit dan lain-lain. Apabila kawan-kawan menyusuri sungai ini maka akan kita ketahui apa yang dilakukan oleh para perusahaan-perusahaan itu pada alam kalimantan lebih detail. Dalam perjalanan kami hujan pun turun cukup deras sehingga boat harus mengurangi kecepatan sebab jarak pandang yang kurang bisa membahayakan boat serta penumpang bila terkena kayu kayu besar disungai ini. Terasa sudah 4 jam perjalanan ditempuh dan setelah melintas dibawa jembatan tandanya kita akan segera tiba di Kota Buntok.

Dari Kota Buntok sehabis makan siang yang cukup kesiangan, setelah mendapatkan info bahwa masih ada Bus Damri tujuan Palangkaraya yang akan berangkat sore ini. Maka segera kucegat pada saat bus tersebut melintas dan membawaku menuju Palangkaraya dalam 3 Jam 30 Menit melintasi daerah yang mulai nampak dijamah untuk ditanami Sawit. Padahal sepanjang jalan dari Buntok menuju Palangkaraya yang terlihat adalah hutan Gambut yang gunanya untuk menjaga ekosistem juga agar tidak mudah terkena banjir namun sayang tidak lama lagi disepanjang jalan ini dalam waktu beberapa tahun kedepan akan berubah menjadi hutan Sawit.Tiba di Palangkaraya malam hari langsung berjumpa dengan Saudara dan teman disalah-satu Coffee shop. Jalan menuju Tugu Bung Karno, melihat dermaga wisata sungai Kahayan dan makan malam dekat tugu. Kemudian bermalam ditempat teman Couchsurfing yang juga seorang blogger kalimantan yang pastinya mudah ditemukan dimedia Internet www.backpackerborneo.com.

Hari ini adalah hari pertama buat teman saya bekerja ditempat baru sebagai guide tour sungai kahayan dengan paket khusus menginap di perahu. Kami pun berpisah, dan saya melanjutkan perjalanan menuju Pangkalan Bun dengan rencana awal akan kembali lagi ke Palangkaraya. Berjalan ke arah barat dan akhirnya berhasil mendapatkan tumpangan sampai Kasongan yang ditempuh selama 1jam 30menit. dari Kasongan cukup lama menunggu sampai beberapa kali berpindah tempat dan akhirnya berhasil mendapatkan tumpangan menuju Sampit. Kasongan menuju Sampit ditempuh selama 3jam sebab kendaraan yang ditumpangi sempat mampir untuk menurunkan barang yang dibawa dari kota. Akhirnya tiba di sampit malam hari dan kuputuskan menuju Terminal bus menanti bus yang akan menuju Pangkalan Bun. Pilihan Bus jatuh kepada PO. Yessoe yang akan berangkat sekitar pukul 22.00 malam dan bus tersebut datang dari Palangkaraya. Perjalanan ditempuh selama 5 Jam dengan nyaman walaupun Bus Ekonomi AC sepoi-sepoi udara alami dari luar jendela dan asap rokok para penumpang yang ada didalam. Tiba tepat pukul 03.00 subuh di Pangkalan Bun dan para penumpang turun di Pool PO. Yessoe semua. Pool Yessoe terletak dipusat kota jadi tidak perlu khawatir karena para tukang ojeck sudah menunggu siap mengantar para penumpang yang tidak ada jemputan menuju rumah atau tujuan akhir. Tujuan akhirku adalah menemani penumpang lain tidur dibangku ruang tunggu PO. Yessoe sampai matahari terbit.

Setelah matahari terbit, bangun dan cuci muka. Sembari jalan pagi hari menunggu angkutan umum menuju Kumai beredar akhirnya bisa menghubungi teman di kota ini dan segera datang menemui saya. Sambil menunggu teman datang, nasi kuning yang dijual dekat lampu merah ini cukup nikmat untuk mengganjal perut yang lapar di pagi hari. Tiba-tiba datanglah seorang wanita dengan sepeda motor menyapa dan itulah dia teman yang kutunggu juga mau mengantar ke Kumai sebab hari ini adalah hari libur kerja. Pangkalan Bun menuju Kumai berjarak sekitar 30 menit dan langsung kami menjumpai Pak Majid yang direferensikan oleh teman yang ada di Banjarmasin. Pak Majid ini adalah salah satu operator penyedia jasa tour menuju Taman Nasional Tanjung Puting. Kami dijamu dirumahnya, diperlihatkan hotel yang akan segera dibuka dalam beberapa hari kedepan dan berbincang-bincang panjang lebar mengenai dunia jalan-jalan.

Masih banyak waktu luang maka kami putuskan jalan-jalan ke Pantai Kubu. Dalam perjalanan ban sepeda motor kempes dan teman saya menunggu disebuah warung kemudian saya balik arah untuk memperbaiki ban motor disebuah bengkel. Setelah itu melanjutkan menuju Pantai Kubu dan makan siang ikan segar tapi jangan kaget disini harganya cukup mahal dibandingkan dengan daerah Indonesia Timur loh. Langit semakin gelap yang tandanya akan segera turun hujan maka kami memutuskan kembali ke Pangkalan Bun yang juga akan berjumpa dengan teman yang lainnya. Dalam perjalanan ke kota beberapa kali kami berhenti oleh karena hujan cukup deras dan akhirnya perjuangan melawan hujan berhasil membawa kami berjumpa dengan teman disalah satu tempat nogkrong anak-anak Pangkalan Bun. Setelah cukup lama bercerita satu sama lain, kembali terjadi pertukaran. Teman yang dari pagi bersama saya harus pulang dan saya ikut teman yang baru kami jumpai juga rencana akan menginap dirumahnya. Singkat cerita malam harinya kami sempat berkumpul lagi untuk makan malam.

3 Maret 2014, Pagi hari saya diantarkan teman menuju Kumai untuk mengikuti Tour ke Taman Nasional Tanjung Puting selama 3 Hari 2 Malam setelah semalam berhasil mendapatkan kesepakatan dengan Pak Majid.

Cerita akan dilanjutkan ke bagian Taman Nasional Tanjung Puting bersama Orang Utan Borneo...

Terima Kasih buat teman di Palangkaraya, Pangkalan Bun dan Banjarmasin

2 comments:

backpackerborneo.com said...

di tunggu balik ke palangkraya.. :-D

Unknown said...

kalo beleh tau perjalan kumai ke muara teweh naik apa sob..tolong bantuanya